Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ibadah Hari Minggu Ini: Pada Hari Kemurkaan Harta Tidak Berguna

Minggu, 25 September 2022 | 15.49 WIB Last Updated 2022-09-25T09:06:51Z

Ilustrasi harta | Kolase foto

Judul tulisan ini mengutip penggalan Firman Tuhan dalam nats Alkitab, Amsal 11:4 yang berbunyi "Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut".


Hari ini, Minggu (25/09), seperti biasa, saya mengikuti Ibadah di Gereja. Ibadah berjalan sebagaimana mestinya. Lantunan doa dan nyanyian seolah meraih sukacita setiap warga jemaat.

Ada yang menarik dalam ibadah tadi, khususnya dibagian khotbah yang di sampaikan Pendeta atau hamba Tuhan. Amsal 11:4 yang diberitakan mencuri perhatian. Ayat tersebut secara tegas menyebut harta tak berguna sama sekali ketika hari kemurkaan datang.

Hari kemurkaan dianalogikan bisa jadi sebagai hari penghukuman atau yang berhubungan dengan kemurkaan. Hari dimana harta tak berfungsi untuk memberikan kebahagiaan.

Teringat kisah Jane Park, seorang wanita asal Edinburgh, Skotlandia, Inggris yang mendadak menjadi miliarder lantaran memenangkan lotre sebesar 27 miliar. Jane menang lotre ketika masih berusia 17 tahun. Sejak saat itu, pola hidup Jane kemudian berubah drastis.

Informasi dari berbagai sumber, Jane menggunakan uangnya untuk membeli mobil, barang berharga, liburan bahkan sampai kepada operasi plastik. Tahun 2013, dia melakukan operasi bagian tubuhnya yang sensitif. Namun sayang, akibatnya mengalami reaksi serius terhadap anestesi dan sepsis.

Kehidupannya dengan harta yang melimpah ternyata tak dapat memberikan kebahagiaan. Bahkan menurutnya, kehidupannya justru semakin buruk. 

“Saya memiliki materi, tetapi di luar itu, hidup saya kosong. Apa tujuan hidup saya? Saya pikir itu akan membuat hidup saya 10 kali lebih baik, tetapi ternyata malah lebih buruk. 10 kali lebih buruk,” kata Jane.

Pelajaran yang diambil dari pengalaman wanita ini adalah peran harta dalam kehidupan. Harta tidak berguna ketika hari kemurkaan datang. Atau barangkali, harta itu sendiri dapat mengundang kemurkaan.

Soal kebenaran dari Allah, menurutku adalah suatu tindakan yang mencerminkan pekerjaan Allah. Kebenaran yang menyelamatkan adalah Kasih.

Orang yang menjalani hidup dengan penuh kasih akan mendapat kebahagiaan sesungguhnya. Kebahagiaan yang tidak dimanipulasi oleh harta atau uang. Kebahagiaan dan sukacita yang berasal dari Allah adalah ketika saling mengasihi.

Selamat Hari Minggu dan Salam Kasih untuk kita semua.