Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Samosir Monitoring Program Sirtunisasi Jalan di Harian

Sabtu, 31 Juli 2021 | 21.06 WIB Last Updated 2021-07-31T14:06:07Z


HARIAN - Bupati Samosir Vandiko. T Gultom, S.T didampingi Plt. Kadis PU Sarimpol Simanihuruk, ST, Kadis Kominfo Rohani Bakara dan Camat Harian Roberthon Manik melakukan monitoring perbaikan jalan berupa pengerasan badan jalan dengan pasir dan batu (sirtu) di dua desa di Kecamatan Harian, Jumat (30/7).

"Dua desa yang mendapat bantuan program sirtunisasi melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Samosir, diantaranya Desa Hariara Pohan dan Desa Siparmahan sepanjang kurang lebih tiga kilometer," kata Plt. Kepala Dinas PUPR Samosir Sarimpol Simanihuruk.

Perbaikan akses jalan antar desa ini katanya, merupakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Samosir dalam peningkatan infrastruktur jaringan jalan di pedesaan.

"Gunanya untuk memperlancar aksesibilitas pertanian dan perkonomian masyarakat, sekaligus mendukung akses desa wisata dan membuka peluang terbukanya objek-objek wisata baru," ungkapnya.

Sementara, Bupati Samosir Vandiko Gultom dalam kesempatan itu menyampaikan akan membantu pemerintah desa untuk melakukan perbaikan akses jalan desa melalui Dinas Pekerjaan Umum. 

Vandiko juga berharap pihak desa untuk terus berkordinasi dengan Dinas PU agar akses jalan desa yang rusak parah dapat diperbaiki dan dilalui masyarakat.

Usai melakukan monitoring perbaikan jalan, Bupati Samosir dan rombongan juga memonitoring fasilitas kesehatan dan posko bersama penanganan Covid-19 Desa Siparmahan dan Desa Dolok Raja. 

Kepala desa setempat berharap agar pemerintah kabupaten dapat membantu peningkatan status Puskemas Pembantu (Pustu) Sihotang menjadi Puskesmas, melihat kondisi jarak yang cukup jauh menuju Puskesmas dan RSUD dan kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan.

Kepala Desa Dolok Raja pun menyampaikan proposal bantuan sirtunisasi kepada Bupati Samosir untuk peningkatan akses jalan yang rusak dan dukungan revitalisasi objek-objek wisata yang berada di Desa Dolok Raja, dan Kenegerian Sihotang secara keseluruhan.