Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hentikan Kebiasaan Minum Kopi di Pagi Hari Sebelum Makan, Begini Dampak Buruknya

Rabu, 14 Juli 2021 | 22.51 WIB Last Updated 2021-07-14T15:51:35Z

Minum kopi hitam dengan perut kosong di pagi hari secara signifikan mengganggu kontrol gula darah orang.

Koleksiberita.com

Minum kopi di pagi hari sebelum makan ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Hal itu menurut penelitian oleh para ahli.

Bagi banyak orang, kopi adalah bagian dari ritual harian dan sering kali menjadi asupan pertama yang dikonsumsi di pagi hari untuk menambah energi.

Tetapi, menurut National Institutes of Health,  minum kopi dengan perut kosong bukanlah ide yang baik karena bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.
 
Dilansir dari laman Live Strong, berikut beberapa masalah yang dapat ditimbulkan saat kita minum kopi sebelum makan di pagi hari.

Sebuah studi kecil pada Juni 2020 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa minum kopi hitam dengan perut kosong di pagi hari secara signifikan mengganggu kontrol gula darah orang.

Padahal, kemampuan untuk mengatur kadar gula darah dapat mengurangi risiko kondisi metabolisme seperti diabetes dan penyakit jantung.

Terbukti, orang-orang yang sarapan sebelum minum kopi tidak mengalami lonjakan glukosa darah.

Saat kita makan atau minum, katup yang disebut sfingter esofagus bagian bawah terbuka untuk memungkinkan makanan atau minuman mengalir dari kerongkongan ke perut.

Dan begitu makanan atau minuman masuk ke dalam perut kita, katup akan menutup lagi.   

Minumlah kopi di pagi hari tak lama setelah sarapan untuk menghindari masalah-masalah kesehatan yang membuat kita tidak nyaman.
 
Terlebih lagi, menurut University of Michigan Medicine, kadar kortisol kita akan memuncak sekitar pukul tujuh pagi.

Kortisol adalah hormon yang memberi kita dorongan energi. Kecuali kurang tidur, kita seharusnya sudah merasa relatif segar di pagi hari.

Kita juga akan mendapatkan hasil maksimal jika menunda kafein selama beberapa jam saat kortisol mulai berkurang.

Di sisi lain, kita juga harus menghindari kopi setelah sekitar pukul dua siang karena minum kopi di sore atau malam hari bisa mengganggu tidur kita. (Tribunsumsel)