Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menikmati Tusor, Benarkah Paulak Hosa Loja?

Selasa, 08 Februari 2022 | 18.59 WIB Last Updated 2022-02-08T11:59:18Z

Tuak | Ilustrasi

Tusor singkatan dari Tuak Sore biasa dimaknai sebagai suatu hal yang biasa dilakukan oleh orang batak pada umumnya. Bahkan kerap didengar bahwa, dengan menikmati tuak pada sore hari dapat mengembalikan stamina seseorang yang baru saja selesai berkerja seharian.

"Paulak Hosa Loja", begitu kira-kira kalimat yang sering kudengar dari beberapa rekan perihal minum tuak di sore hari. Lalu apakah usai minum tuak, rasa lelah akan hilang atau kembali bersemangat?

Tapi sebelum dilanjut, baiknya kita mengetahui manfaat dari Tuak. Beberapa manfaat tuak sebagaimana disadur dari berbagai sumber:

1. Sebagai Penenang
Apabila anda mengalami masalah sulit tidur (insomnia) Anda dapat mengkonsumsi minuman ini karena dapat dimanfaatkan sebagai obat tidur. Selain membuat kita mudah tidur, perasaan pun akan menjadi lebih santai.

2. Menurunkan Demam
Minuman ini bermanfaat menurunkan demam. Demam terjadi karena melemahnya sistem kekebalan tubuh. Tuak dipercaya dapat menambah imun pada tubuh. Tuak juga memberikan Efek kehangatan dan kesegaran. Hal itu bisa jadi karena tuak mengandung vitamin, protein, mineral, karbohidrat, fosfor, kalsium, saponin, sukrosa. Apabila anda merasakan kedinginan minuman ini mampu memberikan kehangatan pada tubuh serta kekuatan namun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman ini secara berlebih.

3. Obat Tradisional Untuk Diabetes
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu, mengkonsumsi minuman ini secara teratur dengan dosis yang rendah dapat mengurangi kadar gula darah anda.

4. Melancarkan ASI
Apabila terjadi oksidasi pada ibu menyusui maka produksi ASI pada ibu akan berkurang, sehingga kualitas ASI akan menurun. Oleh karena itu minuman ini juga sangat baik apabila dikonsumsi ibu menyusui. Karena kandungan yang ada di minuman ini berguna untuk mencegah perubahan atau oksidasi atau nutrisi selama menyusui.

5. Menghilangkan Stress
Bagi anda mengalami perubahan suasana hati menjadi buruk maka anda dapat memilih minuman ini sebagai pilihan yang dapat merubah suasana hati anda menjadi lebih baik karena minuman ini mampu memberi efek relaksasi dan membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang.

6. Menyembuhkan Sariawan
Minuman ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi maka bagi penderita sariawan minuman ini cocok dikonsumsi secara rutin dengan dosis yang rendah mampu membuat virus penyebab sariawan akan menjauh dan akan membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu membuat anda bebas dari panas dalam dan juga bau mulut.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan
Apabila sistem pencernaan bermasalah maka akan mempengaruhi sistem pencernaan lainnya. Kandungan yang terdapat dalam minuman ini mampu mengatasi masalah pencernaan yang membuat tubuh anda menjadi rentan terkena penyakit.

Dan banyak lagi manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi tuak secara normal. Perlu diingat, tuak memiliki kadar alkohol yang rendah, bahkan lebih rendah dari bir, namun jika dikonsumsi secara berlebih, maka tentu akan berdampak pada tubuh terutama pada perilaku.

Dari beberapa manfaat yang diberikan tadi, hal itulah kemungkinan bila minum tuak sore hari selepas bekerja disebut sebagai pengembali stamina atau kalau bahasa bataknya "Paulak Hosa Loja".