Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gubernur DKI Jakarta Lantik 13 Pejabat Pemprov, Ini Daftarnya

Jumat, 20 Agustus 2021 | 11.39 WIB Last Updated 2021-08-20T04:39:22Z


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 13 Pejabat Tinggi Pratama atau eselon 2 Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

"Hari ini kita menjadi saksi amanat baru yang akan diemban 13 pejabat di lingkungan Pemprov DKI," ujar Anies Baswedan di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/8).

Dalam sambutannya, Anies meminta para pejabat memahami Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), 23 janji gubernur, serta memahami dan membaca kembali kegiatan strategis daerah (KSD). 

Gubernur juga berpesan agar para eselon 2 dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya.

"Pahami semua RPJMD, janji gubernur, dan KSD kita. Pastikan yang menjadi bagian tugas kita dilaksanakan dengan baik. Ambil tanggung jawab, artinya, jika ada KSD yang belum tuntas dan sektor yang anda pimpin bisa berkontribusi pada KSD tersebut, maka kerjakan. Kita semua harus bergerak di arah yang sama dari dokumen yg kita sepakati. Jadikan itu visi untuk dituju sama-sama," ucap Gubernur Anies.

Kemudian, Anies berpesan agar para pejabat yang baru saja dilantik menjadi seorang pemimpin, bukan sekadar pejabat. 

Menjadi pemimpin, kata dia, adalah menjadi seseorang yang perintahnya diikuti dengan sukarela oleh yang dipimpinnya, bukan sekadar menggunakan kewenangan saja.

"Jadilah pemimpin bukan sekadar pejabat, tunjukkan Anda lebih dari sekadar pemegang jabatan. Pribadi yang bisa diikuti teladan dan contoh. Tak ada manusia sempurna di ruangan ini, bagian kita adalah tahu itu dan terus-menerus melakukan perbaikan. Tapi sadari bahwa Anda pemimpin yang didengar katanya, diikuti arahannya dengan perasaan sukacita," ujarnya.

Mantan Mendikbud itu melanjutkan, para pejabat yang baru dilantik sebaiknya tetap membumi. Mengingat, setiap kebijakan yang diambil di Jakarta selalu menjadi perhatian nasional.

"Bangun kerja tim yang solid, buat seluruh tim Anda bekerja dalam satu-kesatuan, bangun suasana positif. Anda adalah bagian dari tim di lingkar puncak kepemimpinan di Jakarta. Jakarta selalu menjadi pusat perhatian dan percakapan publik, masing-masing Bapak/Ibu akan rasakan eksposur itu. Hati-hati dengan tepuk tangan pujian di media, karena yang dibutuhkan fokus untuk kerja tuntas. Kerjakan tugas Bapak/Ibu dengan benar," katanya.

Selanjutnya, Gubernur Anies mengingatkan para pejabat dapat membuat keputusan minimal bisa dipahami oleh keluarga masing-masing. Untuk itu, dia berpesan agar para pejabat selalu menempatkan nurani dan moral sebagai pedoman serta mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Setiap ambil keputusan di Jakarta, ingatlah Anda harus jelaskan ke anak/istri Anda, di Jakarta Anda akan ketemu keputusan yang sulit, kompasnya hati nurani dan moral, gunakan itu dan ingat Anda kebanggaan keluarga dan teladan. Maka dari itu, ketika memimpin, jangan lupa untuk selalu mendekatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena di balik semua tantangan ada Tuhan Yang Maha Esa yang maha menentukan dan membantu, ingat itu pegang itu," katanya.

Berikut daftar 13 Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik:

1. Budi Awaludin sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

2. Mochamad Miftahulloh sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi DKI Jakarta

3. Suharini Eliawati sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta

4. Elisabeth Ratu Rante Allo sebagai Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta

5. Sarjoko sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta

6. Iwan Kurniawan sebagai Kepala Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta

7. Andriansyah sebagai Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta

8. Elvarinsa sebagai Wakil Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta

9. Ani Ruspitawati sebagai Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

10. Purwosusilo sebagai Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

11. M. Fadjar Churniawan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu

12. Fredy Setiawan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur

13. Abdul Khalit sebagai Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara. (dtc/*)