Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Pilkada 2024, Polisi di Samosir Lakukan Cooling System

Jumat, 05 Juli 2024 | 20.17 WIB Last Updated 2024-07-05T13:17:55Z

Polres Samosir berbaur (Cooling System) dengan warga.

SAMOSIR -- Polres Samosir melalui personel Bhabinkamtibmas dan Polsek jajaran melaksanakan kegiatan Jumat Curhat dengan cara Cooling System di wilayah hukum Polres Samosir. Kegiatan ini bertujuan menciptakan keamanan menjelang pelaksanaan Pemilukada 2024, Jumat (05/07/2024)

Ps Kasi Humas Polres Samosir Brigadir Vandu P. Marpaung menyebut, kegiatan Jumat Curhat ini digelar di beberapa desa, termasuk Desa Palipi di Kecamatan Palipi, Desa Nainggolan di Kecamatan Nainggolan, Desa Aek Sipitudai di Kecamatan Sianjur Mulamula dan Kelurahan Tuktuk Siadong di Kecamatan Simanindo. 

"Tujuannya adalah untuk mendengarkan masukan dan keluhan masyarakat serta menggalang dukungan dalam menjaga keamanan selama Pemilukada 2024 di Kabupaten Samosir," ungkap Vandu.

Dalam kegiatan ini katanya, personel Bhabinkamtibmas dan Polsek jajaran Polres Samosir mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berucap dan mengunggah informasi, foto, atau video di media sosial maupun grup chat WhatsApp terkait Pemilukada. 

"Kita ingatkan agar masyarakat tidak mencampuri hal-hal yang tidak dipahami untuk menghindari penyebaran berita hoax yang dapat menimbulkan perpecahan," ujarnya.

"Kami berharap komunikasi aktif dengan warga dapat membuat kehadiran Polri bermanfaat di setiap aktivitas masyarakat. Mari bersama-sama menjaga Kamtibmas dan berbagi informasi dengan pihak yang lebih berwenang," begitu kata personel Bhabinkamtibmas, sebut Vandu.

Warga yang hadir juga menyampaikan pertanyaan mengenai kemungkinan terjadinya Pemungutan Suara Ulang dalam Pemilukada 2024 di Kabupaten Samosir. 

Menanggapi hal ini, Vandu bilang, personel Bhabinkamtibmas menjelaskan bahwa kemungkinan tersebut bisa terjadi akibat kurangnya profesionalisme petugas, unsur kesengajaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, atau kurang cermatnya para petugas dalam setiap sesi kegiatan pemilukada. Hal ini dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, sehingga masyarakat diminta untuk mengawasi setiap kegiatan Pemilukada tanpa mengintervensi petugas penyelenggara.

Terhadap hal-hal yang dicurigai ataupun informasi yang tidak dipahami agar kiranya disampaikan kepada Kepolisian, ataupun kepada petugas Bawaslu atau KPU agar tidak menjadi berita hoax.

"Kami mohon kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dengan baik dan pemikiran matang, tanpa paksaan atau imbalan," pungkas Bhabinkamtibmas.

Sementara Vandu menegaskan, Polres Samosir akan selalu aktif melakukan penggalangan kepada masyarakat untuk menciptakan Pemilukada 2024 yang damai.

"Hal itu kita laksanakan dalam Kegiatan Jumat Curhat ini dengan pengharapan dapat menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pemilukada 2024 di Kabupaten Samosir, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan terciptanya  politik yang sehat tanpa Berita Hoax, tanpa Imbalan untuk memilih dan Keprofesionalan setiap Instansi Penyelenggara Pemilukada untuk kemajuan daerah dan demi kemakmuran masyarakat khususnya di Kabupaten Samosir," pungkas BrigPol Vandu P Marpaung.