Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

ATM Patah di Dompet, Begini Cara Tarik Uang Tunai Tanpa Kartu

Jumat, 07 April 2023 | 20.40 WIB Last Updated 2023-04-07T13:47:48Z

Kolase foto | Tuak dan Bang Tampan

Samosir

Saat ini teknologi digital keuangan semakin canggih. Bahkan untuk menarik uang atau mendapatkan uang dari mesin ATM bank sudah semakin mudah. Biasanya, untuk menarik sejumlah uang dari ATM dapat dilakukan dengan menggunakan kartu ATM, namun saat ini, penarikan dapat dilakukan tanpa kartu debit tersebut.

Pengalaman ini saya temui ketika kartu ATM yang saban hari terus melekat di dompet patah. Kartu ATM yang saya miliki patah karena mengikuti lengkungan dompet yang terhimpit. Biasalah, namanya dompet, ketika duduk, tidur atau aktivitas lainnya, maka akan mengikuti tekstur tubuh (panggul).

Konteks cerita ini, adalah ATM BRI, untuk yang lain saya belum tahu. Kendati demikian, untuk fitur tarik uang tunai ternyata bukan hanya BRI saja. BNI, Mandiri dan BCA pun ternyata sudah ada.

Gini ceritanya. Hari ini saya ingin minum tuak. Biasanya, gombal maut atau rayuan pulau kalapa akan tayang di hadapan 'ratu sejagad'. Namun 'naas', jurus itu tak mempan kepadanya. Alhasil, terpaksa simpanan yang nyaris pada limit harus dikeluarkan.

Segelintir dana yang ada di ATM terpaksa harus dikeruk meski limitnya ada pada ambang batas. Persoalan Kartu Debit ini pun muncul. Kartu itu mengalami kerusakan, sedikitnya 2,5 cm di sisi kartu dekat chip terkoyak. 

Berulang kali kartu pun ditolak, tak bisa melakukan transaksi penarikan. Tapi, saat itu, waktu kulihat, ada fitur atau menu penarikan uang tanpa kartu. Saya kemudian keluar sejenak dan mencari tahu caranya. Ternyata gampang, fitur ini berlaku ketika kita terdaftar dan memiliki mobile banking.

Dari pada ngga minum tuak awak ya kan.. paksa nama bahenon songoni. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Pada tampilan home, cari menu 'Tarik Tunai'
  3. Pilih rekening sumber dana
  4. Pilih nominal yang diinginkan untuk ditarik
  5. Pilih 'Lanjut'.
  6. Setelah proses ini selesai, nasabah akan mendapat kode khusus yang digunakan untuk mencairkan uang di mesin ATM. Namun perlu diketahui, kode tersebut hanya berlaku selama 5 menit.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat berada di depan mesin ATM:

  1. Pilih tombol sebelah kiri bawah
  2. Muncul menu, pilih 'Tarik Tunai'
  3. Masukkan kode khusus yang sudah didapat sebelumnya
  4. Masukkan nomor HP yang telah terdaftar
  5. Uang bisa diambil.

Bentuk gambar setelah mendapat kode khusus:








Akhirnya, uang pun keluar dan minum tuak pun lancar. Tapi memang ujungnya jadi tepar. 😅😅😅

Selamat malam dan selamat beristirahat, Allah Bapa Memberkati.